Persiapan ke Jepang! (The very first time going abroad, JAPAN PREPARATION )

Maret 15, 2019

Konnichiwa mina-san ....


*siheyyy sok jejepangan lu mel*
Jadi teman teman sekalian, akutuh baru dari Jepang tauuuuuuuuuu wkwkkw apasih gajelas.
Yaudah ya langsung aja, di postingan ini aku mau cerita trip ku ke Jepang kemarin, apa dan gimana aja persiapannya. Berharap dan semoga membantu teman2 sekalian buat nambah info kalo mau ngikutin jejakku, nekad trip wkwk.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk bisa ke Jepang:
1. UANG
END.


WKKWKWKWKKWKWKKWKWKWKKWKWKWKKWKWKWKWKWKKWKWKKWKW
becanda dulu lah biar lucu.
ini serius nih:
1. TEKAD
WHY TEKAD? karena kita harus punya tekad untuk nekad agar supaya trip itu terjadi. Kalau gak nekad mah, ga bakal jadi, pasti banyak alesan ini itu untuk nunda, ujung-ujungnya hanya menjadi mimpi semata ugh bye. Jadi rajin2 cari info tiket promo, begitu ada yg murah, langsung sikaaaaaaaaaaaaaaaat. itu namanya tekad for nekad. *ngomong apasih mel astaga*

2. PASPOR
Jadi hal pertama yg harus disiapin yaitu paspor, karna kalian ga akan bisa beli tiket pesawat international tanpa no paspor. So, buruan sanah booking antrian bikin paspor.
Info tambahan nih, biaya bikin paspor biasa kalau ga salah sekitar 300an, sedangkan e-paspor, 600an.
Bedanya apa? kalau pakai paspor biasa, kita harus urus visa lagi untuk bisa ke LN, harga visanya beda-beda, tergantung negara, kalau ke Jepang kemarin aku urus visa bayar 550rb. Nah kalau e-paspor, kalau mau ke Jepang, visa ga perlu bayar lagi. Kita tinggal urus visa waiver namanya, gratis, tapi ada batasan waktunya gtu. Biar lebih pasti, googling sanah.

2. VISA
Kayak yang udah aku jelasin diatas, urus VISA pakai paspor biasa 550rb ya. Karna aku pakai paspor biasa, jadi aku jelasin proses pembuatan visa biasa juga ya.
Berkas yang harus disiapin:
  • EKTP (fotocopy, yg asli jg boleh, ntar difotocopy disana)
  • KK ASLI
  • data rekening koran 3 bulan terakhir (jumlah saldo minimal itu tergantung lamanya kita di Jepang kayaknya. misal seminggu berarti 1jt atau 1.5jt dikali 7)
  • bukti pembelian tiket pesawat dan bookingan hotel/tempat tinggal kita disana.
  • hmm apalagi ya, capek ngetik anjir, klik ini aja nih lengkap.
Nah, sekarang gimana caranya bikin VISA? Gini, kita boleh ngajuin pembuatan VISA kayaknya paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan. Kemarin sih kami bikin 1 bulan sebelum. Jadi untuk bikin VISA Jepang, kita harus ke Lotte Shopping Avenue Ciputra World, Kuningan. Tempatnya ada disebelah XX1, pas banget disebelah, aku ga hafal lantai berapa. Tapi, yang di Lotte itu cuma buat yang KTP nya sesuai sama wilayah Yurisdiksi ya. KTP ku jawa barat, jadi masih termasuk wilayah tsb. Kalau mau tau KTP kalian masuk wilayah yursdiksi mana cek ini aja. Jadi nanti disana kita diperiksa dulu semua dokumennya sebelum ambil nomor antrian, kalau udah sesuai, baru dikasih no antrian. Kemarin kesana sekitar jam 9, dan udah rame hmm. Buka nya dari jam 8 kalau gak salah sih. Setelah no antri kita dipanggil, nanti kelengkapan dokumennya bakal diperiksa lagi sama petugas, trus kita disuruh tanda tangan dll. Setelah itu, kita pindah antrian ke sebelah kirinya, bagian pembayaran. Nah setelah bayar, kita tinggal tunggu hasilnya approved atau Rejected. Nanti infonya bakal diemail, atau biasanya 3-4hari setelah pembayaran, udah jadi sih, bisa langsung aja ke tempatnya buat ngecek. that's all for VISA. Good Luck!

Kalau untuk hal-hal fundamental kayaknya udah deh cuma 3 itu aja wkwk, lainnya improvisasi masing2 orang. Jadi sekian aja nih? wkwk postingan apasih sampah benerrr.

Berikutnya aku cerita pengalamanku aja ya teman-teman terkasih :)
Sebenernya aku ga pernah punya keinginan untuk ke Jepang sebelumnya. Bahkan ga pernah kepikiran bakal ngelakuin trip ke luar negeri diumur 24 ini eaaaaa wkwk
Tapi gatau kenapa sejak tahun lalu aku suka nontonin film2 Jepang. wait wait bukan film yang lain2 ya woiii. film2 romance nyaaa maksud akuuuu.
Nah trus lama-lama jadi tertarik sama bahasa nya, mulai deh itu belajar dikit-dikit. Dikit banget malah belajarnya sampe-sampe kayak ga belajar wkwk. Terusss, mulai lah muncul keinginan pengen ke Jepang, tapi masih sebatas keinginan.
Kemudian kucetuskan lah keinginanku itu ke temenku cikidis dan Jennong, dan tanpa disangka-sangka mereka juga menginginkan hal yang sama wkwk, maksudnya mereka juga pengen jalan-jalan ke luar gitu, dan Jepang is not a bad option for them, I guess.
November kemarin, tiket dot com kan ada promo gledek tuh, nah disitu Jennong dapet tiket murah cukk 3.8jt PP pakai Japan Airlanes. Malangnya hari itu aku ga bawa paspor, jadi ga tau No Paspor dan ga bisa beli tiket nya. Lenyaplah harapan.
Tapi beberapa minggu berikutnya iseng ngecek lagi, dan ada tiket murah sekitar 4.3jt PP (udah pakai promo 600rb ya), kemudian entah setan apa yang merasukiku dan cikidis, yaudah kami beli aja gitu wkwkkwkwkwk. Lenyaplah 4.3JUTAAAA :)))

Beberapa hari setelah beli tiket, aku jadi panik sendiri wkwkkw.


"Gilaa, ke Jepang cukkk!! Jepang!!"
-Panik mikirin itinerary
-Panik mikirin tinggal dimana
-Panik karna belum pernah ke luar negeri sebelumnya
-Panik karna baru sadar, cuma berdua dan sama2 cewe wkwk
-Panik uangnya cukup ga yaaaaaaaaaaa?????????????? HAHAHAHASEM
-dan kepanikan2 lainnya

Tapi kemudian kutenangkan dirikuu *tsahhhh kentut wkwkkw
step pertama yang aku sama cikidis lakukan yaitu, baca sebanyak mungkin itinerary orang diinternet, terus bikin draft list tempat mana aja yang bagus buat dikunjungi.
Setelah itinerary ada bentuknya dikit, mulai lagi panik. Panik mikirin gimana caranya ke semua tempat itu wkwk. Jadi guys, berdasarkan penelusuran kami dari berbagai source, kami menemukan suatu website ajaib yang bisa membantumu menemukan jalan ke semua tempat di Jepang, HYPERDIA.

Tips1:
Jadi buat siapa aja yang bingung di Jepang nanti gimana caranya mau kemana, buka hyperdia aja. Dan ga usah takut nyasar, beraniin aja buat nanya orang lokal disana kalau kebingungan.
Jadi pengalaman pertama kami nanya orang Jepang itu di Tokyo Station, mau nyari coin loker nih. Diinternet ditulisnya cuman 1B, 1F Keiyo Line, ya gitulah. Nah ya mana kita tau ya itu dimana, Tokyo Stasion loh gede nya naudjubillah, sejuta kali kamar kosan gue wkwk. Kita beraniin nanya mas2 Jepang yg lagi berdiri sambil mainin hape nya.
"scusme, do you know where is the coin loker?"
trus dia kyaknya bingung kita ngomong apa wkwk, mgkin pronaunsesyen kita yg ga jelas kali ya. trus kita tunjukin aja yg di browser hape, 1B 1F Keiyo Line blabla.
Dia baru ngeh. tapi kayaknya dia tetep bingung juga itu tempat lokernya dimana wkwk trus dia sampe nanyain petugas dong (baiiik bangettt). Setelah dia ngomong sm petugas, kita dianterin ke tempat lokernya. Nah trus kita blg "arigato gozaimasu!" *sok2an wkwk*
Tapi ga berenti sampe disitu kegoblokan kita. Nyampe depan loker, sama2 bengong. Karna gatau gimana pake nya WWKWK. Dan ternyata mas2 jepang tadi masih dibelakang kita nungguin, trus ngeliat kita bego, dia nanya "do you know how to use?" kita jawab dgn bego nya "No hehehehehe"
Terus diajarin, baru dia pergi wkwk. Baiiiik sekaliiiiii kamu massssss ugh!
Jadi, ga usah takut ya buat nanya2 disana. Orangnya baik2.

Tips 2:
Masih masalah transportasi. Di Jepang itu ada banyak pilihan kemudahan transport untuk turis, dan karena disana kereta adalah transport yang paling banyak digunakan, jd aku jelasin yang untuk kereta aja ya sesuai pengalaman kemarin. Nah, berhubung itinerary yang kami susun itu ada dibeberapa kota yang terpisah lumayan jauh, jadi kami milih buat beli JR Pass.
Why? because... why not?
wkkwkwkwk chill chill :p
Karena JR Pass itu ngecover hampir banyak perjalanan yang kami rencanakan. JR Pass apasih? Jadi JR Pass itu semacam tiket yang bisa kita pakai di semua kereta milik JR Line. Pokoknya semua kereta (Ada bus juga sih) baik local ataupun kereta cepat yang ada nama JR nya, bisa pakai itu gratis, caranya? tinggal tunjukin kartu JR Pass nya ke petugas setiap pintu masuk stasiun (tempat ngetap card kyak di stasiun/halte busway sini). Jadi petugas itu bakal meriksa/ngeliat tanggal keaktifan JR Pass kita, kalau masih berlaku, ya masuk. 
tanggal keaktifan maksudnya gimana? JR Pass itu pas beli, kita harus milih mau yang 7hari, 14, hari dll. Beli nya dimana? kalau kemarin kami belinya di Klook. Jadi nanti klook bakal ngirimin vocher ke alamat kita , trus voucher itu yang bakal kita bawa ke Jepang buat ditukar jd kartu JR Pass. Tuker nya dimana? di Klook ada informasinya kok lengkap. Kemarin kami nukernya di bandara Haneda, dibagian JR East.
Lahh JR East apalagi? Nahh kayak yg aku bilang diatas, ada banyak pilihan untuk transport, jadi ga cuma JR Pass, ada JR East, JR West, dll. Tinggal disesuain sama itinerary masing2, butuhnya yang mana. 
Oiya, harga JR Passnya sekitar 3.6jt.

Tips 3:



Kalau mau naik kereta, apalagi shinkansen (!!!) usahain udah tiba di line nya paling lama 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Karena apa? Karna kereta disana ON TIME SEMUA GENGGG!! Bahkan nih ya untuk shinkansen, jam keberangkatan yang ada di hyperdia itu ya emg jam shinkansen nya jalan. Jadi, 10menit sebelum jam keberangkatan biasanya shinkansen nya udah standby di line, dan orang-orang udah pada antri berdiri (ofcourse dengan sangat rapi) untuk masuk.


Tips 4:
Kalau mau naik shinkansen, dan kalian pemegang JR Pass, ke pusat tiket informasi dulu yaa teman2.
Ngapain? buat reserve seat. Jadi kalau di shinkansen itu ada beberapa bagian gerbong nya, untuk green zone (exclusive), reserved seat, dan unreserved seat. Bayar gak? Tenaaaang, kalau udah punya JR Pass ga perlu bayar lagi. Emang perlu banget ya reserve seat? Ya terserah sih, bisa aja kita duduk di bagian unreserved seat, tapi selagi gratis, kenapa ga reserved aja? sekalian buat jaga2 kalau kursi yang unreserved penuh.




Tips 5:
Di stasiun itu (apalagi Tokyo Sta.) ruameeeeeeeeeee banget. Pokoknya sampe megap lah itu aku pertama kali nyampe wkwk. Megap karna orang2 nya banyak, dan karna stasiun nya yang gede bgt sampe bingung mau kemana. Gimana caranya tau kita harus kemana di stasiun? Nah di hyperdia kan udah dikasih tau tuh, misal Tokyo-Shibuya -> bla bla bla Chuo Line for Soga , nah berarti tugas kita tinggal berperan seperti Dora, dimanakah Chuo Line? Adakah yang melihat Chuo Line? wkwkwkkwk
Di stasiun biasanya lengkap dan jelas sih penunjuk arah untuk setiap Line kereta nya, tinggal kejelian mata kita aja buat mencari dan mengikuti alur panah2 setiap Line yang kita tuju. Atau kalau dipenunjuk arah udah dikasihtau angka untuk line nya, ya kita langsung cari angka itu aja distasiun, misal 5. Nah nanti langsung berurut tuh line untuk masuk dari angka 1,2,3,4,5,dst. Kalau masih bingung juga, kembali ke Tips 1, tanya petugas/orang lokal.

Tips 6:



Enaknya ke Jepang itu kapan? ya itu tergantung orangnya sih ke Jepang mau liat apa dulu. Salju? Sakura? Autumn ? Panas2an? wkkwkw
tapi menurutku waktu paling mantep itu dari FEB ke MAR. WHY? Karena di dua bulan itu kita bisa menikmati 2 musim sekaligus wahai saudaraku terkasih. Iya, jadi Februari kan sebenernya masih winter, nah salju masih banyak apalagi didaerah utara yang emang musim dinginnya lebih lama. Tapi ternyata.. di Februari juga udah ada tempat yang sakura nya udah muncul loh, namanya Kawazu. Kawazu emang terkenal dengan early cherry blossoms nya, dari februari sampai awal maret. Padahal normalnya mulai sakura di Jepang itu khususnya Tokyo, pertengahan maret. 
Kawazu ini katanya masih daerah Tokyo, tapi ternyata... 2,5-3jam lebih dari Tokyo wkwkkwkw. But it was worth the view tho.
Gimana caranya kesana? HYPERDIA! :p
Bisa pakai JR Pass, tapi hanya tercover sampai Atami. Dari Atami ke Kawazu itu, bisa naik kereta cepat ODORIKO, tapi melewati jalur yang bukan JR, jadi harus bayar. Bayarnya gimana? Nanti pas udah sampai di Kawazu Sta, ada tempat namanya Fare Adjustment, jadi kita kesana dulu untuk lapor dan nunjukin JR Pass, kemudian nanti petugasnya ngasihtau jumlah yang harus kita bayar. Gitu...
Itu buat yang mau liat Sakura, kalau mau liat salju, Shirakawago dibulan Feb kayaknya masih diselimuti salju tebal. Atau Hokkaido, tapi ya jauuuh wkwk. 

Tips 7:
Colokan Listrik.
Di Jepang, colokan listriknya ga kayak di Indo sini. Colokan di sana bentuknya yang pipih2 gitu, kayak gini nih.
Jadi kalau mau ke Jepang, jangan lupa bawa penyambung colokan yg bisa dipakai yaa!




Tips 8:
Di setiap stasiun di Jepang ada coin locker nya. Gunanya buat apa? menyimpan segala kenangan indah yang dulu pernah kau ukir bersamaku, disini, didalam hati ini~ wtf
Jadi, misalnya nih kalian baru nyampe Tokyo, dan mau langsung melancong kesana kemari dan ga mau langsung ke hotel/penginapan, koper kalian bisa dititipin di coin locker itu daripada cape2 bawa kesana kemari kian menari. Tarifnya? beda-beda, tergantung dari besarnya loker, mulai dari 200,400,500, sampai 1000 (all in yen ofc). Buat cara makenya, aku ga sempet foto atau videoin pas disana, jd kalian googling aja ya, ada banyak  kok tutorialnya, ini satu ini, klik.

Tips 9:
Bawa payung! Kalau kalian ke Jepang dibulan2 maret kayak kami kemarin, kusarankan dengan sangat, bawa payung! Karna disana hujannya ngeri guys, bisa seharian, walaupun hujan kecil2 ngeselin. Dan fyi, bulan Maret disana masih dingin astagaaa, apalagi di Tokyo. Hmmm!






Tips 10:
Ini bukan tips untuk di Jepang sih wkwk, tapi ga kalah penting, in case ada yang belum tau.
Jangan masukin botol/wadah berisi cairan apapun itu baik kental maupun encer ke dalam tas/koper yang kalian bawa ke kabin, melebihi 100ML.

Tips 11:
Bawa persiapan counterpain, minyak angin, pop mie (mi instan disana ga enak wkwk)

Tips 12:
Ga usah takut kekurangan cash. Di Jepang kita bisa melakukan transaksi penarikan pakai ATM kita yang ada tanda mastercard nya. Nah kemarin kami narik uang (karna kurang buat belanjaahahahaha) di ATM yang ada di Seven Eleven. Tapi kayaknya ga semua sevel ada ATM nya. Aku kemarin narik 5000yen, didebit nya Rp 636.780 + biaya admin 25.000

Tips 13:
Masalah penginapan. Kemarin kami pesen penginapan semuanya dari agoda. Ya sebenernya ada banyak sih, bookingdotcom, agoda, dll. Tips nya, pesen penginapan yang ada fitur paylater nya. Kenapa? karena kalau pakai paylater, kita ga langsung bayar saat itu juga, jadi CC kita bakal di charge misalnya 3 hari sebelum waktu check in , dan selama belum sampe tanggal itu, kita masih bisa cancel tanpa biaya tambahan. Cocok buat yang itinerary nya belum pasti dan masih bingung mau kemana aja wkwk.

Doneee!
Sejauh ini, tips2 yang masih bisa aku ingat, nanti kalo ada lagi aku tambahinnn keyy?
Untuk itinerary, biaya dan cerita selama perjalanan disana nanti bakal aku bikin di postingan lain rencananya, RENCANA NYAAAAAAAAA. WKWKWK doain yaaa biar rajiiin HA HA HA.




You Might Also Like

0 komentar