BALI BUKAN WACANA

Mei 01, 2018

Judul postingan kali ini diambil dari judul group whatsapp yang isinya terdiri dari aku, Muek, dan Gimbek.
yapp cuma bertiga. Awalnya nama groupnya gini "BALI BUKAN WACANA NJEEENG"
pas liat notif pertama kali group ini dibuat aku otomatis ngakak dong. trus ga tau kenapa diganti jadi lebih sopan sm muek, tanpa "NJEEENG" wkwkwk

Kalo dipikir-pikir sampe sekarang aku juga masih ga ngerti kenapa aku bisa bisanya mau diajak jalan sama mereka.
Awalnya itu, Samuel Lambardo a.k.a Muek kerja di Jakarta, trus kita pernah ketemu beberapa kali lah. Nah Gilbert a.k.a Gimbek ini kerja di Kalimantan, dengan sistem kerja 8/10 minggu kemudian libur 2 minggu. Jadi ya gimbek beberapa kali ke jkt dan ketemu juga bareng aku sm muek. Kita bertiga dulunya sekelas pas kelas X. Kebetulan lagi, muek dan gimbek ini asal sekolah dari Papua wk. Oiya, gimbek ini sang juara kelas. Muek sang juara desah. aku? penikmat keduanya WKWK
Nah, pernah suatu waktu gimbek ngabarin aku sm muek bakal ke jkt, dan ngajakin ketemu. Yaudah kita okein lah. Tapi ternyata sampe tgl yang udah ditentuin sebelumnya, gimbek ga ngabarin lagi, padahal aku liat dia udah update sotry ig lagi di jkt tapi sama temennya yang lain. anak ITB mungkin.
Sejak itu, aku sama muek menyimpulkan gimbek adalah manusia penuh bacot.

Kemudian, dengan keputusan hidup terbesar, muek pindah kerja ke Bali, masih dengan perusahaan yang sama dengan tempat kerjanya di jkt ini, hanya bedanya dia ke Bali, bahkan kerjanya juga sama, kampret emang si muek, enak bgt idupnya.
Lalu, gimbek pun muncul lagi dengan usulan wacana baru, ngajak main ke BALI karena muek udah disana. Aku sih awalnya iya iyain aja, mikirnya ahh paling wacana. Tapi ternyata enggak genk, dia serius. Padahal aku sama muek nanggepin awalnya so so gitu, ah gimbek kan bacot. gitulah
Sampai pada akhirnya gimbek beneran ngasih tau kapan dia cuti dan bilang kalo dia serius mau ke Bali. Kemudian aku? wimakkk yaudahlah, GASSSS! WKWK
Padahal aku cuma punya jatah cuti tahun ini 2 hari, dan 2 hari itu dengan nekat nya ku relakan untuk ke Bali bareng dua makhluk Papua itu, what the heck was I thinking at the time?
Kemudian aku berpikir ulang, mungkin aku terpikir dengan slogan "YOLO"  dan "heyy kapan lagi aku jalan bareng dengan menjadi satu-satunya cewe?" dan "Hell yeah why not bitchh?".

Dulunya aku ga begitu tertarik pergi ke Bali. Karena... menurutku Lombok, lebih bagus. Padahal aku juga belum pernah ke Lombok. lol
ya aku mikirnya di Bali mau ngapain sih? paling juga pantai-pantai biasa, banyak bule. udah gitu doang. TAPI, setelah aku kesana, aku jadi bener-bener tau kenapa pas baru nyampe bandara Ngurah Rai itu ada tulisan "The last paradise in the world".
Menurutku, Bali itu bener-bener 'another world' . Itu tuh kayak gak di Indonesia. Pantes juga kenapa orang luar masih banyak yang ga tau kalo Bali itu masih bagian dari Indonesia. Karena ya itu, di Bali  semuanya terlihat berbeda dari kebanyakan daerah di Indonesia. Bali itu semacam tempat segala makhluk berbahagia dengan pakaian apapun dan kegiatan apapun tanpa ada orang yang dirugikan ataupun merasa dirugikan. Bicara Bali, aku lebih suka bicarain tentang kehidupan disana. Kalau bicarain tempat-tampat wisata nya ntar aja di postingan berikutnya, dan kayaknya siapa juga sih yang ga tau kalo tempat-tempat wisata di Bali indah?

Bali kental dengan nuansa hindunya, pura dimana mana. Rumah-rumah yang berpagarkan gapura khas Bali, semacam candi gitu. Dan dari yang aku lihat, di dalam satu gerbang gapura itu, ada lebih dari satu rumah. Yang aku masih belum tau, itu rumah rumah dari orang/keluarga yang berbeda atau ternyata hanya rumah satu keluarga tapi ada banyak pembagian fungsi gitu, misal untuk dapur beda bangunan, kamar beda bangunan.
Namanya Gapura Candi Bentar .
Kerennya itu, walaupun mungkin hampir setengah dari Bali dipenuhi sama wisatawan-wisatawan luar dan bahkan ada yang sudah bermukim disana, budaya Bali disana itu masih sangat kental. Buktinya aja bangunan rumah-rumah disana yang tadi aku jelasin diatas, ritual-ritual adat yang masih dengan rutin dilakukan, kelihatan dari gak sedikit Ibu/cewe cewe/Mbok/Bli di Bali yang aku temui memakai baju adat/kebaya khas Bali dijalanan. Jujur aku amazed banget sih. Bukan budaya dan adatku emang, tapi ngeliat mereka segitu cintanya sama budaya mereka, bikin kita juga jadi seneng aja gitu ngeliatnya, terkesima.
Mungkin satu hal yang bikin Bali itu masih aman tentram damai sampai sekarang yaitu kepercayaan yang dianut sama masyarakatnya disana. Karma. Mereka percaya sangat kuat dengan karma. Jadi mayoritas penduduknya itu ramah-ramah, baik, ga banyak keributan ataupun cengkunek kek masyarakat suku lainnya. Aku jadi mikir, andai semua orang di dunia ini menganut kepercayaan karma, pasti dunia ini ga ada wkwk, ya karna mustahil HAHA.
Pemandangan yang gak kalah sering aku lihat disana yaitu, sesajen, atau Banten. Ada banyak banten disetiap sudut tempat. Bahkan pas naik motor, aku ngeliat bapak dan Ibu di pinggir jalan raya besar, dijembatan, lagi sembahyang/berdoa dengan sesajen didepan mereka. Heran kali lah awak awalnya, "ngapain mereka itu kok sampe dipinggir jalan gitu juga?"
Ternyata mereka juga mempercayai bahwa disetiap tempat-tempat tertentu ada Dewa yang menghuni/menjaga. Ya masalah ini gue ga ngerti lah ya. Tapi keren aja gitu rasanya ngelihat budaya asing yang kita ga familiar. Mungkin itu sebabnya banyak orang menyarankan untuk traveling ke tempat-tempat asing, karena menurutku itu tuh kayak makanan untuk jiwa, dan pikiran. Gimana ya jelasinnya, hmm pikiran kita tuh kayak ngebuka ruangan baru yang belum pernah kebuka sebelumnya. Kayak memperluas pandangan kita tentang dunia sekitar kita, ada begiiiiiiiiiiiitu banyak hal lainnya yang belum kita buka. Dan pas kita udah buka satu per satu, pandangan kita semakin luas, semakin rileks, susah sih aku nuanginnya dalam kata-kata wkwk.

Di Bali, semua tempat tersedia untuk semua jenis manusia.
Lu gay? ada tempat khusus buat lu party.
Lu lesbi? ada juga tempatnya.
Lu ga suka pake baju? bisa jalan seenak jidat lu pake bikini  two pieces kemana aja, bahkan ditengah keramaian, naik motor, dipinggir jalan raya. (yang ini gw emg tercengang-cengang sih pas pertama liat wkwk)
Lu mau joget-joget doang ala clubbing tapi no budget? Bisaaaaa
Lu mau gaya wisata mevvah? ada banyak bgt hotel/ressort/cottage disana yang luar biasa bagus
Lu mau gaya wisata on budget? penginapan2 murah mulai dari 150rb/malam juga ADA.
Rental motor tersedia dimana-mana. sehari nya cuman 70rb.
aduh banyak banget gw ga inget semua wkwk.

Pokoknya gue udah ngertiiii se-ngerti-ngerti nya kenapa banyak orang dari seluruh penjuru dunia pengen ke Bali. Bali is definitely another world. 


You Might Also Like

0 komentar