Baluran - Ijen - Menjangan, Bali

April 07, 2018

Yuhuuuuuu...
mau ceritain jalan-jalan receh aku yang lain lagi nih.
Iya, masih receh mah kalo jalan-jalannya masih disekitar jawa ini ya wkwk.

Jadi, perjalanan receh aku yang ini sama halnya dengan kebanyakan jalan-jalan receh yang yaitu: Open Trip. HE HE HE

Jalan-jalan ini dimulai bulan September tahun lalu, 2017.
Diajakin sama Debora, mantan HRD terbaik se-kompleks Roxy Mas wqwqwq :D
Awalnya kirain berdua doang, eh ternyata M ba Sherly -mantan BA terbaik se-kompleks Roxy Mas- juga ikuuut, bareng sama mbak mbak lain mantan teman open trip nya debora dan mbak sherly juga.
Duhh mantan semua kayaknya, jadi sensi~

Awalnya aku ga pernah punya rencana ke Baluran, Ijen ataupun Menjangan. Tau sih kalo ada tempat wisata itu , tapi ya biasa aja, gak yang pengen-pengen banget gitu. Tapi berhubung kayaknya waktu itu aku emang pengen refresh dari kepenatan ibu kota *halah kayak pernah aja gak penat di ibukota. klasik!* yaudah deh aku iyain aja pas diajak. Yang penting aku tinggal ikut, yang ngurus ini itu nya Debora, pokoknya gue mau terima jalan! :D

Ada drama pas mau berangkatnya nih, Debor bilang ke aku, pihak open trip nya tiba-tiba mau cancel trip nya karena ada kelompok yang batal ikut. Wahhh... mendidih dong darah batakku, gelaa udah beli tiket kereta PP nih woyy! Trus aku teror tuh masmas open trip nanyain kenapa ga jadi, dsb. Sampe mas nya takut sendiri, trus akhirnya tak tau gimana pokoknya ga jadi batal dan dia cuman ngabarin Debor, katanya ke Debor dia takut sama aku BRUAKAKKAKAKA.
Ya aku mah sebodo amat ya, yang penting jadi jalan.

Ini juga nih perjalanan pertamaku naik kereta antar provinsi yang bisa bikin pantat yang udah emang tepos semakin tepos. Gilaaa bok belasan jam ada kali. Udah aku yang orangnya susah diem, cepet bosan, duh kebayang kan.
Ini sunsetnya bagus banget sumpah, bulat sempurna trus warna nya merah cantik gitu. Sayang kaca keretanya jorok wkwk


Singkat cerita nyampe Stasiun di Surabaya malam banget, lupa jam berapa. Nah dari situ ternyata open trip nya langsung nyediain mobil buat ke Banyuwangi. Cus lah berangkat. Nyampe Banyuwangi sekitar jam 6 pagi. Menurut Itinerary, harusnya destinasi pertama itu langsung persiapan snorkeling ke Menjangan, tapi eh tapi, Bapak Supirnya yang mungkin merangkap jadi tour guide juga sepertinya tidak tahu menahu, dan malah bawa kita ke Baluran yang seharusnya ada di destinasi terakhir.
Trus ya awalnya kita bingung dong, lah kenapa malah ke Baluran? Tapi belum ada yang berani nanyain bapak supirnya langsung wkwk.

Sepanjang jalan menuju Baluran, bakal ngelewatin sejenis savana gitu, kayak hutan kering gersang, tapi ada juga bagian yang hijau gitu, kalau gak salah namanya evergreen. Jadi sepanjang tahun bagian yang ijo itu ya emang ijo terus, walaupun sekelilingnya gersang dan kering. Keren ya?
Nyampe lah di savana nya Baluran yang emang mungkin jadi spot foto para wisatawan.

Inilah peserta open trip tapi rasa private trip.
Di Savana ini tuh banyak banget monyet nya, rusa juga. Tapi rusanya pada jauh, susah buat difoto apalagi dideketin. Tapi tempatnya emang kering banget sih, panas.
Rusa/Menjangan lagi mamam ciang nih


Setelah dari Baluran, Bapak drivernya balik ke Watu Dodol buat destinasi selanjutnya yaitu Menjangan. Awalnya tuh pas Debora kasih tau itinerary nya, aku gak tau Menjangan itu dimana. Kemudian ku bertanya pada bang Gugel, eh ternyata Menjangan itu udah masuk ke dalam Bali, Bali Barat. Dalem hati "wahh gue ke Bali nih, walau Bali pinggir-pinggir nya doang" hahaha.






Nyampe Watu Dodol, trus lihat lautnya tuh biruuuuuu banget yang bener-bener biru. Kayak biru dongker gitu. Uuuuugh greget dah. Langsung cus ganti baju dan siap2. Ini foto di watu dodol, ga ada file fotonya lagi dihape aku, kehapus sm setan yang entah siapa, mungkin juga setannya aku sendiri :(

A post shared by M E L S (@melyanandp) on


Mas-mas tukang kapal nya bilang nyebrang nya kurang lebih 45menit. Eh eh eh ternyata satu jam lebih genk. ada kali 1,5jam. Tapi pas di kapal tuh berasa ngetrip private banget loh, lah wong cuman bertujuh dan itu kenal semua. Nah, menurut sabda mas-mas tukang kapal nya, kita bakal snorkeling dibeberapa spot, kalau gak salah dia bilang lebih dari 3 pokoknya. Sampailah pada spot pertama, dan ternyata itu rada zonk karena ombak nya gede banget. Ya walaupun spot yang ini tuh bisa dibilang karangnya deket banget, bisa dilihat tanpa harus masukin kepala diair, dan ikan-ikan lucu nya juga ya lumayanlah untuk tempat sedangkal itu. Tapi ya itu tadi, karena ombak nya gede, kita kan jadi susah tuh buat menikmati snorkel nya, akhirnya mas-mas nya nyuruh naik trus lanjut ke spot kedua.
Nyampe spot ke dua, syukurnya nggak ada ombak kayak di spot pertama tadi. Tapi yang ini tuh tempatnya dalam cuy. Karang-karang nya tak terjangkau. Tapi ikan-ikannya lebih banyak dan bervariasi. Di spot ke dua ini, kita lama banget, ada kali sejam HAHAHA. Iya saking menikmatinya sampe ga inget buat naik ke kapal.  Udah gitu mas-mas nya juga nyuruh kita berenang jauh banget dari kapal, buat balik ke kapal kan jadi males karna jauh, enakan ngapung-ngapung dilaut sambil liatin ikan. Sampai akhirnya kita pada capek, trus nyuruh mas-mas nya buat deketin kapal biar kita  naik. Pas ditanya mau lanjut ke spot lain lagi nggak, kompak semuanya jawab "ga usah deh mas, udah cukup" WKKWKW. Dalem hati mikir, nih mas-mas kok jadi lebih semangat dari kita buat snorkeling, kita aja udah lelah.
Yuk ah liat-liat dulu foto air-air nya.

Sebenernya tuh ikannya banyak banget, tapi mas-masnya cuma dapet foto yang begini. pft

ngangkang banget mba?

bintang laut langsung dari lautnya. *paan seeeh*

bahkan ikan ikan saja enggan memelukku? :")

Ini nih pejuang-pejuang snorkel yang rela berenang jauh-jauh dari kapal.


Selesai snorkeling, kita lanjut dibawa ke pulau Menjangannya, yang ternyata itu tuh kayak pulau tempat singgah doang. Gak ada penduduknya. Terus juga tempat banyak rusa-rusa atau menjangan berkeliaran bebas, bener-bener bebas. Bagus lah pokoknya.

nih si mba nya udah keling fotoan sama menjangan-menjangan bahagia. Banyak kan rusanyaa? :)


Kalau mau eksplor lagi ke dalem-dalem nya ada tempat yang gak biasa loh, emm kayak di ladang ilalang gitu sih wkwk tapi bagus banget buat foto, warna lalang-lalangnya kuning, dipadu sama langit biru cerah, ughh no filter langsung upload udah oke lah pokok e.

Gerbang menuju padang ilalang unch unch

abaikan saja pose tak terdefinisi itu, kawan-kawan :)



Sama mas-mas nya kita juga diajak liat pura gitu, tapi kayaknya gak di pake lagi sih. Cuman pas kesitu emang berasa banget suasana nya, ternyata udah di Bali, tepatnya Bali Barat.
Uwoww that's my firstime to step out in Bali actually lol.
Oh iya, aku ga ada foto pura yang lama itu, tapi ada nih foto pura lain yang sayangnya  gabisa berenti buat masuk ke situ. Padahal bagus cuy.

tuh pura nya. tuh juga my smile like a boss :)

nih bonus, landscape ciamiknya pulau Menjangan, dengan  'big' model kita, mba Sherlay

nih bonus juga, dengan model berkepala miring.



Setelah keliling-keliling eksplor menjangan dan tidak lupa foto-foto kenarsisan ala milenial, akhirnya kita pun balik sekitar jam 5an kalau gak salah. Itu jam 05.00 WITA ya berarti. 
Ini nih, pas perjalanan balik, ombak nya luar biasa udah kayak badai cuy. Serius! Apalagi pas udah mau nyampe ke Watu Dodol nih, itu tuh berasa kayak susah banget nyampe ke tepi nya, ombaknya beneran gila. Malah ujan pula. Aku sampe jongkok dilantai kapal karna ketakutan soalnya kayak udah mau oleng gitu kapalnya, sampe baca doa HAHAHA. Makin greget tuh, mas-mas kapalnya malah ketawa coba, disaat kami panik sepanik paniknya, eh dia nya malah ngguyu. Gatau apa ini jantung udah tidak pada tempatnya?

Singkat cerita, nyampe Watu Dodol, langsung mandi bersih-bersih trus makan malam trus dianterin ke penginapan yang letaknya sekitar 1-2 jam dari Watu Dodol. Gue ga tau itu daerah mana wkkw yang penting katanya deket ke post buat pendakian Ijen. 

Nyampe penginapan, Bapak Driver langsung ngenalin kita ke guide yang nanti bakan nge-guide kita buat ke Ijen nya. And you know what, I don't even know before that Ijen is a mountain and we should climb it. Lol! All I know is we're going to see a legendary blue fire at Ijen. Jadi, mas guide nya bilang kalo kita harus bangun sekitar jam 12 atau 1 malam gitu buat pergi ke pos pendakiannya. Yaelah tong aku kirain juga dari penginapan ke post deket, eh ternyata masih harus naik mobil sekitar 1 jam lebih. Jadi kita nyampe ke post nya itu sekitar jam 2an, trus langsung siap-siap buat jalan. Giiiils dingin banget, nusuk ampe ke tulang-tulang. Udah pake jaket juga kayaknya kurang. Dan pas nyampe post itu, aku ter-heran heran ternyata banyak banget orang, bule apalagi. Wahhh serius gue tercengang-cengang. Kok banyak ya orang-orang yang mau cape ke Ijen ini wkkwk. Ternyata bule-bule itu semua cukup penasaran sama blue fire. Yang aku awalnya biasa aja, jadi ngerasa ikut luar biasa bakal ngeliat blue fire wkwk! 

Cus lah langsung jalan ngikutin arah orang-orang. Awalnya masih enjoy sekitar 10menitan. Setelah itu trus mikir "ini kok jalannya dari tadi nanjak mulu sih yaolo ga ada rata rata nya, akutuh mulai capek" Debora juga sudah mulai tertinggal dibelakang hahaa. Awalnya semua masih bareng-bareng serombongan sama mas guide nya, tapi bahkan sebelum nyampe di post peristirahatan 1, udah pada pisah ga keliatan dimana. Kemungkinan besar, semua itu disebabkan oleh Mba Sherly yang emang dengan berat badan khusus juga butuh bantuan khusus wkwk. Yang tetep bareng itu aku, Debor sama kakak-kakak sebiji lupa namanya(hihi).
Hal-hal yang menurut aku keren selama mendaki:
  1. Udara nya itu dingin banget, apalagi pas udah deket-deket puncak, 1 derajat cuy.
  2. Ternyata dititik-titik tertentu yang mungkin biasanya titik orang-orang mulai kelelahan dan ngerasa udah ga sanggup lagi buat jalan, ada taksi-taksi yang siap membopong kamu. Taksi disini maksudnya gerobak yang muat satu orang dewasa, trus bakal ditarik sama bapak-bapak. Ada yang narik berdua (satu didepan buat narik, satu di belakang buat dorong), ada juga yang narik sendirian. Tau gak tarifnya berapa? Untuk nyampe puncak bisa sampe 400-800ribuan. Mahal banget kan? tapi menurut aku wajar sih, coyyy itu trek jalanannya emang nanjak parah. bayangin aja ngangkutin orang dijalanan kayak gitu selama 2-3jam? they deserve it!
  3. Di perjalanan, yang udah deket ke puncak Ijen, aku ngeliat banyak banget bintang dilangit. Ini banyak bener-bener banyak! Bagus banget sumpah. Rasanya pengen berhenti jalan trus tiduran mandangin langit. Oh God!
  4. Sebelum nyampe puncak, menurut gue, lo harus sewa masker khusus yang dijajakan dijalan deh. Harganya 25rb sekali sewa. Menurutku itu berguna banget, soalnya ntar diatas itu udara yang dihirup udah berasa banget belerangnya. Dan, kalo lo emang mau liat blue fire nya, KUDU HARUS WAJIB sewa masker. Soalnya klo gak tahan, bisa pingsan. Ada yang kejadian gitu soalnya kemarin.
  5. Pas nyampe puncak Ijen, gila udara nya bener-bener nusuk. Nyampe atas, gak heran banyak orang tidur di lorong-lorong tanah yang memungkinkan. Soalnya kalo kena angin nya itu ih beneran kayak sakit gitu dinginnya nyampe tulang. 
  6. Setelah sampai puncak Ijen, kalau mau lihat blue fire ternyata masih harus turun lagi kebawah dengan jalan setapak penuh bebatuan besar dan terjal, sekitar 30-60 menit tergantung antrian. Haha iya ngantri, soalnya manusia nya banyak banget, baik yang mau turun maupun mau naik ke atas, harus bergilir soalnya jalannya sempit.
  7. Sampe bawah dekat Blue Fire, bau belerang nya akan sangat menyengat, makanya tadi diatas aku saranin harus sewa masker khusus, supaya gak engap/sesak nafas pas lihat blue fire nya.
  8. Blue fire nya itu tuh ternyata kayak api kompor gas, tau gak? wkwk itulah gambaran yang paling deskriptif yang bisa aku ceritain. 
Jadi, kenapa bisa ngeluarin api warna biru itu, katanya karena gas pembakaran belerang yang sangat yang sangat tinggi bergabung dengan suhu bumi .
"..Saat kontak dengan oksigen di udara dan dipicu oleh lava, sulfur mudah terbakar dan memicu api yang berwarna biru cerah. "Membuatnya tampak seolah-olah lava biru mengalir di gunung," kata Grunewald. Efeknya hanya terlihat pada malam hari. "Pemandangan api ini di malam hari sangat aneh dan luar biasa," kata Grunewald. "Setelah beberapa malam di kawah, kami merasa sedang berada di planet lain." source: link.

Ini dokumentasi blue fire yang bisa dikumpulin dengan peralatan kamera seadanya wkwk.

Blue Fire - Kawah Ijen Trek utk ke blue fire nya luar biasa 😅 jalan naik terus sekitar 2jam, smpe puncak ijen, bisa sih liat blue fire nya, cuman kecil. Trus ditanyain sm tour guide nya mau liat dr atas aja atau turun ke bawah, trus mikir "udah jauh2 ksni nanggung klo cuman liat dr jauh" akhirnya aku bareng kk Tina tekad buat turun kebawah yg harus turun lg sekitar stngah jam lebih mgkin dgn jalan setapak dan org bejibun jd harus rela ngantri wkwk. Syukurnya udh sewa masker khusus jd nyampe bawah bau belerang nya ga bgtu kecium. Tp brhubung ga ada yg bawa kamera canggih , jd foto yg didapet seadanya. Yg penting puas udh liat pake mata sndri😁 . Sayang ga bisa liat kawah ijen nya krna asap blue fire nya menebal pas menjelang pagi. . Tp selama perjalanan bnyak bgt yg bisa diliat, misalnya taksi2 yg sbnernya gerobak kecil buat ngangkut manusia2 yg udh ga sanggup jalan, gilaaa kuat kali bpak2 nya😫 bawa diri sndri aja udh ga kuat. Apalagi bpak2 yg ngangkutin belerang puluhan kilo bolak balik dr bawah ke atas, ga ngerti lg😢 . . Daaaan, bnyak bgt bule2 ganteng buat cuci mataaa😅😍 pngen flirting2 sbnernya, cuman muka pun udh kyak ga muka☺️😫 . . Oiyaa, dijalan pas mau nyampe puncak ijen, bintang nyaa gilsss buanyaaaaak , langitnya😍🌟😍 Dalam perjalanan balik sekitar jam 6an pagi disuguhin sm pemandangan ciamik mirip2 Switzerland😍 . . selagi masih muda harus coba kesini sih, minimal sekali, kalau dua kali... hmm🤔mikir dlu wkwk . Dan terakhir, kota Banyuwangi itu cantiiiik, bersiiih jugaa👍🏽 . Yeayyyy panjang kali captionkuuu😂. . #ijen #bluefire #banyuwangi #kawahijen #indonesiagateway #unjukkreasilokalmu #LineCreativate2017 #RegionJawa @line.indo @deboramentari @siskadamanik @lasma_silalahi
A post shared by M E L S (@melyanandp) on



Jadi guys, kalian kudu ke Kawah Ijen! Karena blue fire itu cuma ada dua di dunia, satunya lagi di Islandia. Ya walaupun trekking nya lumayan, tapi setidaknya kamu kamu udah pernah ke salah satu tempat ajaib yang cuma ada 2 di dunia wkwk.

Oh iya, blue fire nya itu cuma bertahan maksimal sampai jam 5 pagi. Lewat dari itu, udah mulai redup dan ga keliatan lagi. Nah sekitar jam 5.30 kita kemudian balik. And you know what? pemandangan jalan yang kita lewatin pas gelap pagi-pagi buta tadi itu ternyata bagus banget! Jadi nyampe nya lama karena sebentar-sebentar berhenti buat foto HAHA.

Gue sebenernya pengen embed foto dari instagram lagi, tapi mikir "ah elah embed mulu lu mel, sekalian aja posting ini juga di ig" okelah gak jadi. Kalau mau liat lagi boleh kok cyiin visit-visit ig akoooh :"""
*ternyata eh ternyata promosi jg lu kyak sista-sista olshop ig*

Jalan untuk balik itu ternyata lebih nyapekin tau gak. Dengkul dan betis rasanya udah kyak mati rasa *apaan sih mel*
Soalnya kan turunan mulu, jadi kaki kita harus kuat buat nahan-nahan selama jalan. Gilaa dah nyampe post akhir beneran udah berasa ga punya kaki. Udah kayak kayu, kaku. 
Jadi begitulah akhir dari trip Jawa Timur saya ini hehe. Akhirnya saya menjejakkan kaki di Pulau Jawa. Soalnya kata orang sini, Jakarta gak termasuk Jawa pfft.

See you di cerita-cerita trip ku selanjutnyaaaa! *kiss kiss*

You Might Also Like

0 komentar