10 Bahaya SLS (Sodium Laureth Sulfate)

Maret 26, 2018

Image result for SODIUM LAURYL S
source: https://blackpaint.sg/things-you-should-know-about-sodium-lauryl-sulfate/

Heyyy...
Sesuai penjelasan aku yang se-uprit mengenai review Cetaphil yang mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate), jadi disini aku mau jelasin kenapa SLS itu sebaiknya dihindari.
Well karena aku juga sebenarnya gak ahli dalam hal ini jadi aku juga mencomot informasi dari forum ini nih.
Sebenarnya kandungan SLS ada banyak banget digunakan dalam produk sabun, sampo, pasta gigi, dan produk-produk mandi lainnya. Well mungkin hampir semua nya pakai SLS, tapi aku paling concern untuk produk skin care karena udah ngalamin langsung efeknya (aku ceritain disini) dan gak main-main itu langsung berhubungan ke kulit soalnya. Dan untuk pasta gigi yang mengandung SLS, kemungkinan besar dapat menyebabkan sariawan dan bibir kering dan pecah-pecah.

Jadi aku mau rekomendasiin ,  mulai sekarang ketika mau beli produk-produk kayak yang aku sebutin diatas, cek ingredients nya, kalau bisa jangan yang mengandung SLS :)

Ini 10 alasan utama saya mengapa anda TIDAK BOLEH menggunakan produk yang mengandung SLS!

1. Bahan ini terkenal sebagai penyebab iritasi kulit

Ketika perusahaan kosmetik ingin mencoba manfaat penyembuhan produk yang dikembangkan seperti lotion, dll, yang pertama harus dilakukan adalah membuat kulit konsumen teriritasi dulu. Apa yang dipakai untuk mengiritasi kulit? Ya si SLS itu. Jika rambut anda ketombean, punya masalah kulit mulai dari kering dan pecah-pecah, dll, bisa jadi karena akibat SLS.

2. Bahan ini mencemari air tanah kita

Bahan ini terkenal beracun baik untuk ikan dan hewan air lainnya, dan berpotensi tinggu terakumulasi dalam tubuh ikan yang artinya beracun bagi kita yang mengkonsumsi ikan. Selain itu, bahan ini bisa masuk ke penyaring air kita (water filter) apalagi ke air PDAM, sudah pasti langsung ada disana, bayangkan kemudian kita minum air itu??

3. Sebenarnya SLS itu termasuk golongan pestisida dan herbisida

Bahan ini sangat lazim digunakan untuk membunuh tanaman dan serangga. Para produsen SLS bahkan berpetisi baru-baru ini, bahwa SLS dimasukkan dalam kategori pestisida yang diperbolehkan pada pertanian organic, tetapi kemudian petisi ini ditolak, karena SLS sangat mencemari dan berdampak sangat buruk terhadap lahan dan lingkungan.

4. Bahan ini mengeluarkan uap/asap beracun ketika dipanaskan

Ketika SLS dipanaskan akan mengeluarkan racun Sodium Oxides dan Sulfur Oxides. Bayangkan jika anda mandi dengan shower panas dan keramas dengan air hangat dengan memakai shampoo dan sabun yang mengandung SLS, indahkah jadinya?

5. SLS bersifat Korosif

Menurut American College of Toxicity, sifat korosif ini termasuk terhadap lemak dan protein yang merupakan bahan pembentuk kulit dan otot. SLS juga lazim bisa anda temukan di pembersih lantai garasi, peluruh lemak mesin hingga sabun/shampoo mobil.

6. SLS bisa merembes masuk kedalam jaringan tubuh

Berdasarkan sebuah studi dari University of Georgia Medicine, menemukan bahwa SLS memiliki kemampuan untuk masuk dan tinggal di jaringan tubuh seperti mata, otak, hati dan liver.

7. Bahan ini merupakan penyebab iritasi mata

SLS ditemukan sebagai penyebab katarak pada mata orang dewasa dan terbukti menjadi penyebab ketidaksempurnaan pembentukan mata pada anak kecil.

8. Kemungkinan terkontaminasi dengan bahan beracun lainnya seperti Nitrate, dll

Bahan beracun sebagai pelarut yang dipakai bersama SLS seperti nitrate juga terkategorikan penyebab kanker/karsinogenik seringkali ditemui diproduk yang mengandung SLS.

9. Proses Produksi SLS menimbulkan polusi yang tinggi

Proses produksi ini mengeluarkan bahan penyebab kanker dan sulfur dan meracuni udara.

10. SLS membantu bahan kimia lain masuk ke tubuh

SLS adalah bahan pencampur bahan kimia lain agar bisa masuk ke tubuh menjadikan molekun bahan kimia sangat kecil dan bisa masuk ke membrane disel-sel tubuh. Sekali saja racun sudah masuk ke membrane disel tubuh, sel akan menjadi rentan dimasuki atau tercemari oleh bahan kimia lainnya.

Apa SLS menyebabkan kanker?
SLS sendiri tidak dikategorikan sebagai menyebab kanker, tetapi ada benarnya semua informasi yang berkaitan dengan SLS sebagai penyebab kanker, karena ketika SLS bercampur dengan triethanolamine ( T.E.A) yang merupakan bahan karsinogenik, yang kemudian disebut sebagai nitrosames.

Sumber:
NewsTarget “Popular Shampoos Contain Toxic Chemicals Linked to Nerve Damage” Mike Adams, January 11, 2005
MSDS Data Sheet for Sodium Lauryl Sulfate
MSDS Data Sheet for Sodium Laureth Sulfate
“OCA & Cancer Prevention Coalition Warn of Hidden Carcinogens in Baby Care” AScribe Newswire, Feb 28, 2007
“Technical Evaluation Report: Sodium Lauryl Sulfate” Compiled by ICF Consulting for the USDA National Organic Program, February 10, 2006

Writen By : Green Mommy

You Might Also Like

0 komentar