Dibalik Putihnya Angan

Oktober 27, 2015




Jadi pernah nih disuatu interview langsung pertama ku di sebuah perusahaan -yang bisa dibilang ‘Ada Nama’ lah di mata masyarakat-, ada satu pertanyaan yang ngena banget, tapi aku disitu belum tau jawabannya apa. Ralat, belum punya jawaban lebih tepatnya.

Dan berawal dari interview tersebut, mengalirlah berbagai kisah kepahitan yg sebelumnya gak pernah singgah di lamunanku manapun haha. Eitsss tapi dari kepahitan itu lah justru sebenernya kita belajar banyak hal tentang hidup. Kayak kata quote-quote di internet “No pain, No gain!”. Ada lagi nih aku pernah baca di akun sosmed mana gitu, katanya beda orang sukses sama yang gak sukses itu gini: “Kalo yang gak sukses sering pakai kata ‘TAPI’ buat hal yang mau dikerjakannya, jadi kayak pesimis gitu. Beda sama orang sukses yang selalu pakai kata ‘JUSTRU’ untuk sesuatu yang akan dikerjakannya sekalipun itu terlihat sulit”. Nah tadi aku diatas ada pakai kata ‘justru’ kan? Semoga aku salah satu dari orang sukses itu hihihi.

Saudara-saudara se-planet dan se-antariksa, ternyata yaaaaaaaa…. Hidup itu butuh perjuangan! Gak cuman cinta/mantan/gebetan yang harus di perjuangkan, hidup lo sendiri lebih penting buat di perjuangkan. Siapa yang perjuangin? Ya kamu sendiri lah!
Buat adek-adek yang masih kuliah baik itu di reputable university ataupun non-reputable university, jangan pernah nganggap nyari kerja itu mudah. Ya sekalipun mungkin kalian sering denger kata2 begini “ah nanti kalo kita udh lulus gampang kok kerja, alumni kita kan udah di kenal dan pasti mudah nyari kerja dimanapun” jangan buat itu jadi pegangan trus anggap enteng kalau udh wisuda.

Karena from my point of view , nyari kerja itu ibarat nyari jodoh. Ya emang banyak sih cowok-cowok jomblo disekelilingmu, tapi kan tetep aja kalau itu bukan jodohmu sampe tahun kabisat ke sejuta kali juga gak bakal jadian. Nahhhh gitu juga sama nyari kerja. Jangan bangga udah interview sana sini mulai dari perusahaan bonafit sampai perusahaan yang kejepit. Banggalah kalau kamu udah diterima sama perusahaan yang sesuai dengan yang telah Tuhan teteapkan jd tempat terbaik buat kamu kerja.


Banyak nih temen-temenku pada bilang “duhh nyesel gak serius belajar ini itu dulu pas kuliah, bla bla bla bli bli dot com dll”  . Menurutku sih ya, ngapain nyesel sih ? Toh juga udah lewat. Ya disyukurin aja dinikmatin gitu loh tiap fase dengan seharusnya. Buat adik-adik yang masih kuliah nih, lakuin lah sesuatu sesuai dengan hati dan nurani kalian. Kalau hati kamu pengen nya main, ya main aja duluuuu wkwkkw eh tapi ya inget, mainnya jangan kebablasan. Di sesuaiin juga sama nurani kamu bilangnya apa. Yakin deh pasti nurani setiap orang nuntunnya ke hal yang baik kok. Maksud aku, kalau belajar itu jangan diseriusin segitunya, you have to enjoy it with some weird things to colors your life. Jadi ya ngapain juga nyesel kalau kamu nikmatin setiap masa nya. Menurutku sih… hehehe.



Setiap orang udah punya jalan nya masing-masing kok dikasih sama Tuhan. Ada saatnya kamu harus lewatin jalan licin, berkerikil tajam, berkabut asap tiada henti dan terjal. Ada juga saatnya kamu lewat jalan tol yang luwes mulus lancar jaya abadi makmur sentosa bersama. Satu kuncinya, You have to go through it no matter what!. Ya karna emang itu udah jalannya kamu. Gak ada ceritanya itu kamu bisa nikung ke jalan temen mu atau temen mu nerobos jalan kamu.
Jadi pas nyari kerja tuh ya, kalau misalnya ada nih temen kamu bisa keterima kerja hanya dengan sekali interview, eh pas kamu lamar ke tempat yang sama, kamu harus interview 3x, technical test, dan harus punya portofolio lah, dll, JANGAN HERAN. Kan tadi udah aku bilang, we all have our own way!. Ya mungkin aja kamu saat itu harus lewatin jalan yang kusebutin tadi, licin, berkerikil tajam, becek, berkabut asap, dan banyaklah rintangan2 lain kayak di film Dora. See?  Hidup jadi orang dewasa itu tak selancar-maju-jaya kayak yang kita pikirin sebelumnya. Semua ada ­plus minus nya. Dan kita mau gak mau , siap gak siap, harus terima semua resiko nya. Jangan jadi pengecut lah. Semua juga punya resiko kok. Bahkan ketika kamu ingin memilih buat bahagia, pasti ada resikonya.
source: www.123rf.com




Kuat, kebal, tahan mental. 
source: sauj4.wordpress.com

Kita butuh dan harus punya itu semua buat bertahan hidup di dunia yang fana ini. Apalagi kalau hidupnya di Ibukota Negara yang kata film2 lebih kejam dari Ibu tiri. Lu ditolak sebuah perusahaan? Ya harus siap. Anggap aja itu bukan jodoh kamu. Aku punya tips nih bagi yang lagi nyari2 kerja, habis test/interview, udaaah lupain aja kalau kamu pernah lamar disitu, boleh sih berharap, tapi jangan kebangetan ngarep nya seolah-olah hanya satu perusahaan itu yang tersisa di dunia ini. Aku gak ngelarang harapan loh, harapan harus selalu ada dalam kondisi apapun itu. Tapi harus dibarengin sama usaha dan doa. Ngarep doang tanpa usaha mah mati aja sono di rawa-rawa. Supaya kalau misalnya kamu gak keterima atau Bahasa halus nya gini nih “Maaf kamu belum sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan..” , ya kamu gak sakit sakit amat wkwk. Karna menurut pengalaman ku sendiri sih, gak sedikit perusahaan yang ngePHPin. Gak cuman gebetan yg bisa PHPin kamuu!



Eh masih penasaran gak sih pertanyaan interviewer yang ku singgung pertama kali kamu baca ini? Wkwk. Jadi aku ditanyain gini “Hal apa yang pernah buat kamu down banget selama hidup?” . 
source: www.joygivens.com
Kemarin itu aku jawabnya belum ada, ya karna setelah aku mikir-mikir emang belum pernah ngerasain down yang parah2 banget. Tapi kemudian…. Setelah beberapa pekan menjalani hidup sebagai pengangguran sekaligus pencari kerja, aku dikasih jawabannya sama Tuhan. Dan jawabannya adalah.. jreng..jreng..jreng…!!!! Aku udah ngerasain gimana down nya hidupku selama nyari kerja interview test sana sini tapi hasilnya juga kadang gak sesuai sama harapan. Ditambah segala macam kepo dari segala macam lapisan masyarakat “gimana kerjamu? Udah dapat?” Ugghhhhhh rasanya itu ya pas ditanyain gitu, dang tar dok tahe (gak terkatakan) wkwk.  Kadang suka sebel juga kalau ada yang ngomong “yaudah yang sabar ya”, “semua ada waktunya kok”, “dapat nya itu, tenang aja” dll. Rasanya itu emang gampang banget ngomong gitu kalau kamu gak ngalamin/ngerasain gimana jadi aku. Gimana rasanya nunggu harap2 cemas, tekanan batin dari sana sini, gimana bosan dan muaknya denger “semua ada waktunya” yang gak tau entah kapan . Kata-kata kayak gitu kadang jadi semacam bullshit sih ditelingaku wkwk.  Mending diem aja deh udah. 


Tapi dari semua tetep, BE GRATEFUL! Dengan pengalaman2 itu, kalau ada pertanyaan2 sejenis lagi udah punya deh jawabannya hahahha.
Intinya sih, reality hidup itu  gak seputih yang ada di angan2 kita setiap malam sebelum tidur. But no matter what, you have to take it!.
source: quotesgram.com



Jadi, dibalik putih nya angan itu, banyak taik taik kucing betebaran ngoahahahhaa :v

You Might Also Like

4 komentar