Hal tersulit dari Berdoa

Januari 18, 2016



Dear Readers,
Eaaaaaakkk hahahha
Belakangan ini aku selalu kepikiran soal doa. Ya walaupun aku sendiri bukan jenis orang suci yang rajin berdoa dan bersikap mulia, tapi aku punya pandangan sendiri kok :D

Kalau definisi berdoa itu pasti kita semua udah tau kan yaa, berdoa berarti memanjatkan permohonan atau memohon sesuatu dari Tuhan, terlepas dari siapapun Tuhan mu.
Nah, aku ga bilang definisi itu salah kok, itu bener. Tapi dari pengalaman ku beberapa waktu yang lalu, berdoa itu ga sekedar memohon atau meminta sesuatu, lantas langsung dikabulkan.
Ada beberapa hal dari manusia itu sendiri yang harus dilakukan pada waktu berdoa, selain meminta atau memohon.

Menurutku sendiri, ada baiknya sebelum mengeluarkan semua list permohonan, kita berterimakasih, mengucap syukur untuk semua hal, apapun itu. Karena dengan bersyukur itu menandakan bahwa kita masih ingat Tuhan kita, gak hanya sekedar meminta dan meminta.
Setelah ucapan syukurmu selesai, baru pantas lah kita memohon hal-hal yang kita inginkan.

Nah point nya disini nih. Pada saat kita berdoa, menurutku hal yang paling sulit adalah BERSERAH DAN PERCAYA. Pernah gak sih kita pada saat berdoa bener-bener menyerahkan permohonan kita itu sama Tuhan? Pernah gak kita berserah sama apapun kehendak Tuhan tanpa memikirkan kemungkinan bisa aja kehendak Tuhan itu adalah sesuatu yang tidak kita inginkan? Pernah gak pada saat kita sangat menginginkan sesuatu dan ingin sesegera mungkin tercapai, tapi pada saat kita doakan, kita tetap berserah pada kehendakNya apapun yg terjadi? Maksudnya disini itu tidak ngotot memohon agar dikabulkan secepat mungkin.  Well, itu semua bisa dijawab dihati kita masing-masing hehe.

Tapi menurutku hal itu sangat sulit dilakukan.
Sekedar share pengalaman nih, pas aku belum dapet kerja, aku pernah berdoa buat minta dikasih cepet dapet kerja sama Tuhan. Nah pada saat berdoa itu, aku tiba-tiba mikir “ya tapi aku kan ga bisa maksa Tuhan buat kabulkan doaku secepatnya, gimana dong? Duhh padahal aku udh capek, butuh bgt nihh, gimana ya….” Pada saat itulah hati dan otak kita sulit buat diajak bekerja sama untuk mempercayai kata BERSERAH dan PERCAYA. Hati kita mungkin aja gampang buat diajak berserah dan percaya sama rencana Tuhan, nah tapi otak gimana? Masa iya kalau ternyata kehendak Tuhan aku kerjanya tahun depan? Gimana? Yang bener aja? Tega banget sih Tuhan…
Misalnya kita berdoa buat minta ketemu sama jodoh atau pacar, berat banget kan pasti buat berserah dan terima kapan aja Tuhan mau ngabulin? Kalau ternyata kata Tuhan kita ketemu jodoh pas diumur 30 gimana hayoo? Duhh itu udah ketuaan Tuhan, gimana sih, kan malu sama temen-temen yg lain, Tuhan kok tega sih, dll….
Berat kan? Berat banget kan? Nah itulah point dari yang ingin aku bahas di tulisan ini.

Berdoa itu ga cuman sekedar memohon trus langsung dikabulin. Tuhan udah punya catatan buat hidup kita masing-masing. Tuhan ga mungkin salah baca catatanNya sendiri kan? Wkwk
Nah jadi menurutku manusia itu berdoa sebenernya bukan hanya untuk meminta. Ya emang sih di alkitab ada ditulis “Ketuk lah maka pintu akan dibuka, minta lah maka akan diberi” tapi pada saat meminta kita juga dituntut untuk harus tetep PERCAYA. Percaya bahwa apa yang kita minta akan dikabulkan, sekaligus berserah kalaupun yang kita minta belum terwujud, kita ditantang untuk tetep percaya bahwa ada hal lain yg udah direncanain Tuhan sama kita.

When things aren’t working out as you wish, be patient.
Stop trying to move ahead of God. His timing is perfect!
So, Keep praying and keep believing, dear You!

You Might Also Like

4 komentar

  1. awesome Mely! :)
    terharu bacanya :')

    dan aku suka quote mu yang paling bawah ;))

    Mudah2an kita semakin memaknai apa itu artinya doa
    "Berserah dan Percaya" ^^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Astaga mbak dewasa sekali, saya kagum :)

    BalasHapus