Impianku di Raja Ampat

Februari 26, 2018


Traveling!
Menurut aku, Indonesia adalah ladang buat para traveller. Gimana enggak coba, ada begitu banyak tempat wisata di setiap sudut nya.
Contoh nya aja disudut timur Indonesia, Papua.
Nah, pasti udah pada tau kan aku mau bilang tempat yang mana?
I mean, siapa sih yang gak tau Raja Ampat? Yessss that's one of the best obviously!
Ya sebenernya ada banyak tempat yang juga nggak kalah bagus nya sama Raja Ampat, tapi menurut aku Raja Ampat itu udah kayak salah satu paradise spot nya Papua yang minimal kamu harus kunjungin sekali seumur hidup. Iya, sejak aku tau Raja Ampat, aku udah doktrin dalam hati, pikiran, dan jiwa raga ku bahwa aku HARUS kesana sebelum aku mati. HA HA HA

Oke, jadi di tulisan kali ini aku mau bikin travel plan yang sesuai sama keinginan dan imajinasi ku selama ini. Langsung aja yukk!
So, first thing first yang pasti terbersit dipikiran untuk persiapan ke Raja Ampat apalagi kalau bukan:

1. Budget
Kita sama-sama tahu kan ya, untuk ke Raja Ampat butuh biaya yang tidak sedikit, bahkan mungkin kita harus menguras tabungan kita. Eitss.. tapi jangan khawatir, kita bisa mengakali nya dengan mencari dan berburu promo dari berbagai media HAHAHA. 

2. Tiket Pesawat dan Hotel
Oke setelah budget, hal berikutnya yang perlu disiapin adalah tiket!
Biasanya sih yang menjamin sebuah rencana agar tidak berubah menjadi wacana semata adalah tiket! Kalau kita udah beli tiket, pasti bakal mikirin gimana pun caranya untuk bisa menjalankan rencana itu apapun halangannya. Secara, udah keluar uang lumayan kan buat beli tiketnya. Apalagi untuk trip ke Raja Ampat ini, huhu tiketnya kan gak murah ya, sayang banget kalau gak jadi jalan padahal udah beli tiket. Jadi menurutku tiket itu sebuah jaminan mutlak! hehehe.
Nah untuk tiket pesawat aku nggak mau ribet sih biasanya, ya tinggal cari di tempat penjualan tiket yang paling mudah. Istilah 'mudah' zaman sekarang ini apalagi ya maksudnya kalau bukan online? ya nggak? ya nggak? iya ajadeh. 
Nah aku tuh biasanya cari di tiket.com,
soalnya, tiket.com sering adain promo-promo menarik dan cukup membantu untuk meminimalisasi budget trip aku.
Eitss, nggak cuma buat tiket pesawat guys, untuk destinasi wisata lain yang mungkin butuh pakai kereta, bisa beli tiket kereta nya di tiket.com juga. 
Ya pokoknya #TiketKemanapun deh, aku selalu pakai nya tiket.com .
Oiya, tiket.com juga dilengkapi dengan fitur TIX POINT nya. Daaan, banyak banget loh keuntungan tix point yang bisa kita manfaatin.
Kalau belum tau tix point itu apa, kepoin kesini aja: https://www.tiket.com/tix
Aplikasi tiket.com nya juga user friendly banget, pas buka langsung dimunculin pilihan buat kita nyari tiket apa aja.
Oke! Berhubung tadi plan pertama aku buat cari tiker pesawat ke Raja Ampat, nah aku tinggal pilih option pesawat di Home nya tiket.com langsung. Kalau udah tentuin departure dan destination, tinggal bayar deh. Transaksi pembayaran nya juga gak ribet guys ;)

Yap, setelah urusan cari-cari tiket pesawat selesai, aku bakal lanjut buat cari tempat penginapan buat disananya. Nah, untuk masalah gini juga aku ga mau ribet, ya tiket.com jugaa dong ha ha ha. Iya, jadi di tiket.com juga nyediain fitur buat kita pesen atau booking hotel di berbagai tempat seluruh Indonesia.


3. Itinerary
Okay next kita masuk ke bagian paling penting dari seluruh plan yaituuu.. *drum roll*
Itinerary !!!
Well aku paling excited bagian yang ini nih, nentuin tujuan mana aja yang bakal kita kunjungi wohooo!
Untuk ke Raja Ampat ada dua alternatif start point sih, bisa melalui Sorong, atau langsung melalui Bandar Udara Marinda di Waisai. Destinasi paling dekat dengan kedua titik itu adalah Piaynemo. Dan menurut ulasan-ulasan yang aku baca, akan lebih dekat dan cepat jika melalui Waisai. Ya jelas dong aku prefer melalui titik Waisai, makin dekat kan artinya makin cepat sampai di Surga nya Papua *sungguh ku tak sabar* .
Jadi Piaynemo adalah first spot yang akan aku kunjungi pertama kali. Yaudah yuk langsung aja kita ulas satu per satu.

1. Piaynemo
Aku sering lihat tuh foto-foto di  instagram dengan location Piaynemo, tempatnya bagus. Biasanya orang-orang akan berpose dengan latar gugusan-gugusan pulau kecil dan laut yang ciamik.  
As a tourist, I wouldn't be missing this spot for my instagram picture! lol.


source: https://www.flickr.com/photos/mf-alfath/13556149154/in/photostream/

2. Telaga Manta

Setelah dari Piaynemo, berdasarkan hasil browsing aku di internet, telaga Manta adalah objek wisata terdekat di sekitar Piaynemo yang bisa dikunjungi. Jadi, ya sayang dong ya kalau deket gitu buat dilewatin aja. Telaga manta sesuai foto-foto diinternet adalah sebuah telaga yang kalau dilihat dari atas mimiliki bentuk seperti  ikan pari atau Manta Fish.

Satu lagi spot baru yang akan dibuka untuk umum.. namanya Telaga Manta.. coba lihat bentuk telaga nya mirip ikan pari manta kan? 😀😀 yuk kunjungi tempat ini bersama kami 😊
.
Cek jadwal kami yah:
.
Jadwal Trip Raja Ampat
Bulan Januari - Maret 2017
.
Januari:
Tgl 15 One Day Trip Piaynemo
Tgl 28 - 29 2D1N Piaynemo
.
Februari:
Tgl 12 One Day Trip Piaynemo
Tgl 20 - 23 4D3N MISOOL
Tgl 26 One Day Trip Piaynemo
.
Maret:
Tgl 12 One Day Trip Piaynemo
Tgl 13-16 Maret 4D3N MISOOL
Tgl 25 - 28 4D3N Piaynemo Wayag
.
CP/WA:
082199374308
.
.
📷 by Misooltrip
.
.
#piaynemo #telagamanta #rajaampat #rajaampatisland #rajaampatislands #tripmurahrajaampat #triprajaampat #misooltrip
source: http://www.socimage.com/media/1396805789293498465_2275905557



3. Telaga Bintang
Gak jauh dari telaga manta dan Piaynemo, ada telaga lain dengan bentuk lain juga. Gila ya telaga-telaga di Raja Ampat unik-unik semua. Jadi telaga ini disebut telaga bintang atau Laguna bintang, karena ya dia berbentuk bintang. Nah, karena ketiga lokasi Piaynemo, telaga manta dan telaga bintang berdekatan, jadi aku mau serakah untuk HARUS singgah di ketiga tempat ini.  
Sorry not sorry :p

source: https://www.flickr.com/photos/mf-alfath/8505713655/in/photostream/

4. Wayag

Selain Piaynemo, tempat berikutnya yang ingin aku kunjungi yaitu Wayag. Kata para netizen Piaynemo disebut juga "Little Wayag". Ada juga yang bilang Wayag ini ikon nya Raja Ampat lho. So, it's a "must" spot, isn't?
Banyak hal yang bisa dilakukan di Wayag. Yuk sekarang kita bahas kegiatan apa aja yang gak boleh dilewatkan ditempat ini:

- Snorkeling
Menurut source blog yang aku baca, di Wayag terdapat 10 spot untuk menyelam dan snorkel terbaik di Indonesia. Keren banget gak siiiiii ??? Dari 10 spot itu wajib hukumnya kita harus snorkel minimal di 3 spot!! Apalagi buat yang gak bisa berenang nih, snorkel di Wayag is a must! Karena untuk snorkel kan gak harus bisa renang, ya nggak? WKWKWK.

- Hiking
Nah selain snorkeling, mungkin akan lebih seru kalo kita hiking juga. Di Wayag, kita bisa lihat pemandangan luar biasa super duper awesome incredible amazing yang berupa gugusan-gugusan karst yang gagah menjulang tinggi. Untuk bisa dapetin view super duper bagus itu kita harus trekking, atau mendaki puncak Wayag. Menurut informasi ada beberapa puncak yang bisa dipilih, tapi kalau aku sih ya puncak yang mana aja oke. Kalau memang stamina fit, kenapa nggak ke semua puncak aja? setiap puncak pasti view nya beda-beda kan? *wuiiih kayak kuat aja lo mel hahaha*
Tapi aku yakin banget deh kalau udah sampai puncak nya nanti pasti semua rasa lelah dan capek akan terbayar sama keindahan surga Papua itu.
Kalau udah di puncak Wayag, kita bisa sepuasnya mandangin alam Raja Ampat dengan mata kepala sendiri, sambil dengar suara ombak, keheningan laut, angin laut ahhh... mungkin itu yang disebut a piece of paradise nya Indonesia. Gila gak sih, ngebayangin nya aja udah buat aku seneng banget lho.


sourc: https://www.flickr.com/photos/mf-alfath/8505713655/in/photostream/

- Diving
Di Wayag juga memungkinkan kita untuk diving yeayyy!! Yapp. Diving di Raja Ampat adalah impianku. Aku belum pernah diving sebelumnya, tapi seandainya ada kesempatan aku mau diving pertamaku di Raja Ampat hohoho.

5. Arborek
Tapi nih guys, menurut netizen (lagi), spot diving yang bagus dan cocok buat pemula kayak aku itu tempatnya adalah Manta's Point di perairan Pulau Arborek. Sesuai namanya, di perairan ini kita bisa diving dan melihat pari manta. Kapan lagi bisa diving bareng Manta? dan katanya Raja Ampat merupakan satu-satu nya wilayah dimana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan. Spesial banget gak sih?
Ampat merupakan satu-satunya wilayah di mana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Raja Ampat Segera Buka Manta Point di Arborek ", http://travel.kompas.com/read/2017/03/16/171000027/siap-siap.raja.ampat.segera.buka.manta.point.di.arborek..
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Ampat merupakan satu-satunya wilayah di mana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Raja Ampat Segera Buka Manta Point di Arborek ", http://travel.kompas.com/read/2017/03/16/171000027/siap-siap.raja.ampat.segera.buka.manta.point.di.arborek..
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Ampat merupakan satu-satunya wilayah di mana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Raja Ampat Segera Buka Manta Point di Arborek ", http://travel.kompas.com/read/2017/03/16/171000027/siap-siap.raja.ampat.segera.buka.manta.point.di.arborek..
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Pasalnya, Raja Ampat merupakan satu-satunya wilayah di mana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Raja Ampat Segera Buka Manta Point di Arborek ", http://travel.kompas.com/read/2017/03/16/171000027/siap-siap.raja.ampat.segera.buka.manta.point.di.arborek..
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Pasalnya, Raja Ampat merupakan satu-satunya wilayah di mana dua jenis pari manta bisa hidup bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Raja Ampat Segera Buka Manta Point di Arborek ", http://travel.kompas.com/read/2017/03/16/171000027/siap-siap.raja.ampat.segera.buka.manta.point.di.arborek..
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani


Nah foto dibawah ini adalah gambaran imajinasiku selama ini HA HA HA.
Image result for manta's point arborek
source : https://iffatunnisa11.wordpress.com/2015/11/04/raja-ampat-ocean-paradise-excurcion/


Selain diving di Pulau Arborek, mungkin kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah melihat dan berbaur dengan kehidupan penduduk lokal Arborek.
You know, it's always great to get to know about the new cultures.
Bertemu dengan penduduk lokal sebuah tempat menurut aku itu seru banget. Bisa bermain dan bercengkrama dengan anak-anak disana, menanyakan banyak hal tentang kehidupan mereka sebagai anak pulau dan tentang hal seru lainnya di Raja Ampat. Pikiran kita pun pasti akan semakin terbuka, bahwa ada banyak sekali budaya-budaya dan hal baru untuk kita pelajari, yang berbeda dengan kehidupan kita biasanya dan itu semuanya bikin aku excited banget!. 
Kemudian kita bakal nyadar dan bergumam "ah... betapa kaya nya Indonesia ku".


6. Cape Kri
Spot diving dan snorkeling lainnya yang aku berharap bisa dikunjungi yaitu Cape Kri. 
Konon, jika kita menyelam ataupun snorkel di Cape Kri dapat menyebabkan serangan jantung mendadak dikarenakan kita akan shock seketika ketika melihat isi bawah lautnya yang luar biasa beragam dan berwarna *apasih ya* .
Ada ratusan spesies ikan yang bisa ditemukan didalamnya, belum lagi terumbu karang berwarna-warni yang masing sangat bagus. Maka akan sangat rugi dong kalau aku gak icip-icip kekayaan Cape Kri?
Mungkin aku bakal mabok di dalem laut (kalau mabok nya di dalem laut, termasuk mabok laut gak sih? HAHAHA) pas lihat karang-karang kayak difoto bawah ini. Klepek-klepek lemas tak berdaya. Bagus bangeeeeeeeeeeet!


source: https://www.vebma.com/wisata/Diving-Dan-Snorkeling-Terbaik-Di-Indonesia/1199




7. Pulau Salawati
Surga terakhir yang aku idam-idamkan untuk dikunjungi yaitu Pulau Salawati. Pulau ini merupakan salah satu pulau terbesar dari 4 pulau yang ada di Kabupaten Raja Ampat.
Menurut sejarah, pulau ini merupakan salah satu tempat yang memiliki kisah perjuangan perang dunia II. Seru banget kalo bisa ngelihat langsung peninggalan-peninggalan sejarah dari perang dunia II. Sambil snorkeling atau diving, selain bercengkrama sama ikan-ikan lucu, kita bisa ngelihat bangkai-bangkai kapal dan benda peninggalan lainnya sisa dari sejarah dunia tersebut.
Whoaaaa my imagination! HAHA
Dan, di pulau ini juga tempat spesies ikan baru ditemukan, ikan pelangi. Bisa gila aku ngebayangin gimana bentuk dan warna ikan pelangi yang dimaksud, pasti bagus banget :(
Di Pulau Salawati kita akan disambut dengan tarian WOR dari penduduk setempat. Pulau ini juga masih tergolong sepi, dan aku udah bisa ngebayangin gimana nikmatnya bersantai di Pulau ini ditemani suara deru ombak, suara-suara dari aktivitas masyarakat lokal dan melihat matahari terbit pertama kali di bumi Indonesia. It must be a breathtaking view.
Duhhh wajib banget nih masuk list Itinerary!


source: https://phinemo.com/destinasi-wisata-raja-ampat/


Okay sebenernya kalau bicarain Raja Ampat gak cukup ya dalam satu tulisan. Ini aja masih sepersekian dari banyaknya kepingan surga yang ada di Raja Ampat. Ya kalau bisa sih eksplore semua tempat HAHAHA. Tapi list yang aku buat diatas itu kayaknya udah cukup deh buat ninggalin kesan di mata, telinga, kaki, tangan, hati dan pikiranku betapa indahnya Raja Ampat.
Oke kira-kira begitulah travel plan  dan gambaran itinerary yang mungkin aku akan jalankan kalau aku ke Raja Ampat .
Dan... travel plan ini aku tulis sambil ngebayangin semua tempat itu dengan perasaan excited!
Can't wait for this dream comes true OMG!!!!

You Might Also Like

0 komentar